Selasa, 10 April 2012

TUGAS 2 "INOVASI DAN PERUBAHAN"


PROSES PERUBAHAN DIBALIK INOVASI TELEVISI


Di bawah ini kami akan memaparkan proses kreatifitas dibalik inovasi TELEVISI menuju perubahan.

Pada tahun 1873 seorang operator telegram asal Valentia, Irlandia yang bernama Joseph May menemukan bahwa cahaya mempengaruhi resistansi elektris selenium. Ia menyadari itu bisa digunakan untuk mengubah cahaya kedalam arus listrik dengan menggunakan fotosel silenium (selenium photocell). Joseph May bersama Willoughby Smith (teknisi dari Telegraph Construction Maintenance Company) melakukan beberapa percobaan yang selanjutnya dilaporkan pada Journal of The Society of Telegraph Engineers. Hal ini merupakan embrio dari teknologi perekaman gambar.          

Setelah beberapa kurun waktu lamanya kemudian diciptakan sebuah piringan metal kecil yang bisa berputar dengan lubang-lubang didalamnya oleh seorang mahasiswa yang bernama Julius Paul Gottlieb Nipkow (1860-1940) atau lebih dikenal Paul Nipkow di Berlin, Jerman pada tahun 1884 dan disebut sebagai cikal bakal lahirnya televisi. Sekitar tahun 1920 John Logie Baird (1888-1946) dan Charles Francis Jenkins (1867- 1934) menggunakan piringan karya Paul Nipkow untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya. Mereka membuat seluruh sistem televisi ini berdasarkan sistem gerakan mekanik, baik dalam penyiaran maupun penerimaannya. Pada waktu itu belum ditemukan komponen listrik tabung hampa (Cathode Ray Tube)
Televisi elektronik agak tersendat perkembangannya pada tahun-tahun itu, lebih banyak disebabkan karena televisi mekanik lebih murah dan tahan banting. Bukan itu saja, tetapi juga sangat susah untuk mendapatkan dukungan finansial bagi riset TV elektronik ketika TV mekanik dianggap sudah mampu bekerja dengan sangat baiknya pada masa itu. Sampai akhirnya Vladimir Kosmo Zworykin (1889-1982) dan Philo T. Farnsworth (1906-1971) berhasil dengan TV elektroniknya. Dengan biaya yang murah dan hasilnya berjalan baik, maka orang-orang pada waktu itu berangsur-angsur mulai meninggalkan tv mekanik dan menggantinya dengan tv elektronik.           

Vladimir Zworykin, yang merupakan salah satu dari beberapa pakar pada masa itu, mendapat bantuan dari David Sarnoff (1891-1971), Senior Vice President dari RCA (Radio Corporation of America). Sarnoff sudah banyak mencurahkan perhatian pada perkembangan TV mekanik, dan meramalkan TV elektronik akan mempunyai masa depan komersial yang lebih baik. Selain itu, Philo Farnsworth juga berhasil mendapatkan sponsor untuk mendukung idenya dan ikut berkompetisi dengan Vladimir.

TV ELEKTRONIK   
Baik Farnsworth, maupun Zworykin, bekerja terpisah, dan keduanya berhasil dalam membuat kemajuan bagi TV secara komersial dengan biaya yang sangat terjangkau. Di tahun 1935, keduanya mulai memancarkan siaran dengan menggunakan sistem yang sepenuhnya elektronik. Kompetitor utama mereka adalah Baird Television, yang sudah terlebih dahulu melakukan siaran sejak 1928, dengan menggunakan sistem mekanik seluruhnya. Pada saat itu sangat sedikit orang yang mempunyai televisi, dan yang mereka punyai umumnya berkualitas seadanya. Pada masa itu ukuran layar TV hanya sekitar tiga sampai delapan inchi saja sehingga persaingan mekanik dan elektronik tidak begitu nyata, tetapi kompetisi itu ada disana.
TV RCA, Tipe TT5 1939, RCA dan Zworykin siap untuk program reguler televisinya, dan mereka mendemonstrasikan secara besar-besaran pada World Fair di New York. Antusias masyarakat yang begitu besar terhadap sistem elektronik ini, menyebabkan the National Television Standards Committee [NTSC], 1941, memutuskan sudah saatnya untuk menstandarisasikan sistem transmisi siaran televisi di Amerika. Lima bulan kemudian, seluruh stasiun televisi Amerika yang berjumlah 22 buah itu, sudah mengkonversikan sistemnya kedalam standard elektronik baru.       

Pada tahun-tahun pertama, ketika sedang resesi ekonomi dunia, harga satu set televisi sangat mahal. Ketika harganya mulai turun, Amerika terlibat perang dunia ke dua. Setelah perang usai, televisi masuk dalam era emasnya. Sayangnya pada masa itu semua orang hanya dapat menyaksikannya dalam format warna hitam putih.
TV BERWARNA     

Sebenarnya CBS sudah lebih dahulu membangun sistem warnanya beberapa tahun sebelum rivalnya RCA. Tetapi sistem mereka tidak kompatibel dengan kebanyakan TV hitam putih diseluruh negara. CBS yang sudah mengeluarkan banyak sekali biaya untuk sistem warna mereka harus menyadari kenyataan bahwa pekerjaan mereka berakhir sia-sia. Belajar dari pengalaman CBS, RCA mulai membangun sistem warna menurut formatnya sendiri. Mereka dengan cepat membuat sistem warna yang mampu untuk diterima pada sistem warna maupun hitam putih. Setelah RCA memperlihatkan kemampuan sistem mereka, format NTSC kemudian dijadikan acuan standart untuk siaran komersial pada tahun 1953.

Seiring dengan berjalannya waktu serta perkembangan teknologi, televisi dari waktu ke waktu mulai banyak perbaikan dan penambahan dari sisi teknologinya. Untuk waktu kedepan televisi perlahan mulai meninggalkan teknologi analog dan menginjak ke era yang disebut televisi digital dengan kemampuan dan kualitas yang lebih baik dari generasi sebelumnya yang lazim disebut dengan teknologi IPTV [Internet Protocol Television].

 

DI SUSUN OLEH     :

1.      ASRUL ARIFIN

2.      ARIEF PURNOMO ADI

3.      MARVIN FATH.S

4.      YUDA KURNIAWAN

5.      MARYANA

6.      FERRY ROSADA

TUGAS 2 "INOVASI DAN PERUBAHAN"

Inovasi Alat Bantu Metode Pengajaran

Dulu ketika kami SD,  para guru masih menggunakan papan hitam dan kapur sebagai metode mengajar muridnya, seperti gambar di bawah ini :

 
Namun semakin berkembangnya zaman munculah whiteboard dengan menggunakan spidol agar bisa mengurangi debu-debu yang dihasilkan dari kapur tulis karena sangat berbahaya bagi kesehatan para siswa dan guru dan pemborosan penggunaan kapur tulis.


  
Di era white board masih terjadi pemborosan pada penggunaan spidol dan kadang disalahgunakan para murid dan mahasiswa untuk mencoret-coret dinding, meja dan lain-lain. Namun ada di beberapa sekolah atau universitas yang masih menggunakan metode ini.
Dan inovasi yang terbaru dalam metode pengajaran adalah menggunakan proyektor yang lebih dikenal dengan infocus. Diciptakannya proyektor agar memudahkan para pengajar untuk mengajar tanpa menuliskan di papan tulis tulis.


Proyektor pada awalnya seperti scanner, kertas yang berisi materi di masukkan ke dalam pproyektor dan akan muncul ke layar, namun sekarang dengan adanya infokus cukup menyambungkan infoku dengan sebuah laptop tanpa harus meng-scan lagi lalu materi bisa langsung di tampilkan. Dengan penggunaan ini juga mengurangi para pengajar menggunakan papan tulis dan spidol, meningkatkan efisien. Tapi infokus bergantung pada listrik dan laptop. Tanpa adanya laptop dan listrik, infokus tidak bisa di gunakan. Itulah kelemahan dari penggunaan infokus.



Disusun oleh : 
1. Ayu Dea Rahmadayanty (3201105006)

2. Lisa Mutia Sari (3201105102)

3. Ratna Novitasari (3201105098)

4. RizkyPrasetyo (3201105047)

5. Trama Ayaksa (3201105065)

TUGAS 2 "INOVASI DAN PERUBAHAN"

KONVERSI MINYAK TANAH KE LPJ

 

 
Kebutuhan manusia yang tidak terbatas selalu dibatasi dengan ketersediaan sumber daya untuk memenuhinya. Keterbatasan pemenuhan kebutuhan tersebut mengakibatkan opportunity cost. Jikalau kita tinjau, permasalahannya bermula dari keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA) di dunia yaitu dengan semakin melambungnya harga minyak dunia. Satu-satunya jalan ialah Indonesia dapat mengelola minyak bumi yang ada di Indonesia sendiri guna mengurangi tingkat ketergantungan Indonesia terhadap negara-negara penghasil minyak seperti Arab. Namun sangat disayangkan, ternyata kenyataan berkata lain karena Indonesia sendiri belum cukup mandiri untuk mengelola minyak bumi yang ada di tanah Indonesia ini karena keterbatasan teknologi yang ada di Indonesia.

Melihat hal tersebut maka pemerintah mencarikan solusi supaya masyarakat dapat berhemat dalam pemakaian bahan bakar untuk sehari-hari. Di sisi lain pemerintah juga tidak tinggal diam dengan turut menghemat atau mengalokasikan anggaran dana APBN untuk hal lain. Oleh karena itulah pemerintah mengeluarkan kebijakan konversi minyak tanah ke LPG, yang mana jika dilakukan penghitungan yang cermat maka masyarakat dengan biaya yang sama dapat menggunakan LPG yang lebih menguntungkan daripada minyak tanah. bagi manusia dalam menentukan pilihan alokasi sumber daya yang dimilikinya.

Efektivitas Penggunaan LPG dibanding Minyak Tanah
Bila masyarakat sudah meninggalkan minyak tanah, pemerintah Indonesia memang mendapatkan kebaikan karena peningkatan efisiensi. Dalam perbandingan subsidi, untuk minyak tanah adalah sebanyak Rp.36,65 trilyun, sementara untuk LPG Rp.16,53 trilyun. Artinya pemerintah Indonesia bisa berhemat sekitar Rp.20 trilyun bahkan bisa lebih besar.
Hal tersebut didukung pula dengan fakta bahwa harga minyak tanah Rp.2.500/liter sedangkan elpiji hanya Rp.1.800/liter sehingga dengan menggunakan elpiji akan lebih murah bila dibandingkan dengan minyak tanah. “ Kalau untuk satu keluarga menggunakan minyak tanah 30 liter per bulan maka akan mengeluarkan biaya sebesar Rp.75.000 sedangkan kalau pakai elpiji hanya 12 kilogram dengan harga Rp.40.000 hingga Rp.50.000 maka akan ada penghematan sebesar Rp.25.000/bulan .”
Berdasarkan fakta, kebutuhan minyak tanah adalah 10 juta kiloliter per tahun. Subsidinya hingga Rp.600 milyar per tahun. Kalau tidak diatasi hal ini merupakan salah satu komponen pembangkrut negara. Namun demikian, rangkaian kekacauan konversi minyak tanah ke LPG, karena kurangnya komitmen petinggi-petinggi negara yang diserahi amanah kepada detail-detail persiapan, perencanaan, sosialisai, komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak. 

1.      LPG lebih efektif dan lebih efisien dibandingkan minyak tanah yaitu:
v     Lebih hemat : dilihat dari segi harga, penggunaan LPG lebih hemat Rp.3.000/minggu. Hal tersebut didasarkan atas fakta bahwa pada penggunaan kompor gas selama seminggu secara umum, rumah tangga akan mengunakan LPG dengan massa 3kg (dari 3kg massa LPG tersebut sama dengan 5,22 liter minyak tanah), sedangkan dari jumlah 5,22 liter tersebut, ternyata jumlah tersebut hanya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga pada umumnya pula selama 5 hari. Berdasarkan asumsi tersebut maka dapat kita ketahui bahwa penggunaan LPG lebih hemat dan irit dibandingkan penggunaan minyak tanah karena memiliki selisih 2 hari penggunaan dengan konversi massa yang sama.

v     Lebih praktis : Di segi penggunaan, LPG dinilai lebih mudah dalam penggunaan dibandingkan penggunaan kompor yang menggunakan minyak tanah dengan bukti semisal pada saat kita menggunakan kompor minyak tanah, kita perlu menggunakan sumbu yang kemudian dibasahi dengan minyak tanah dan disulut dengan api barulah sumbu tersebut akan menghasilkan api yang digunakan untuk dimasukan ke sumbu kompor guna meratakan sumbu (kapilaritas) pada kompor minyak tanah. Di sisi lain ketika kita menggunakan kompor gas yang menggunakan LPG, maka kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan prosedur selama prosedur kompor minyak tanah. Selain hal-hal kemudahan yang telah dijabarkan diatas, kemudahan dan kepraktisan penggunaan kompor berbasis LPG adalah kemudahan dalam perawatannya.

v     Lebih ramah lingkungan : dilihat dari segi emisi (gas pembakaran) ternyata berdasarkan fakta yang ada menjelaskan bahwa gas pembakaran kompor minyak tanah berupa asap kompor menyebabkan asap dengan tingkat polutan yang cukup tinggi dilihat dari warna asap kompor tersebut yaitu hitam, sedangkan pada kompor yang menggunakan LPG terbukti lebih ramah lingkungan dengan gas pembakaran yang lebih bersahabat.

Menurut kelompok kami, ini adalah bentuk proses kreativitas di balik perubahan yang dilakukan Pemerintah dalam upaya menciptakan produk yang dapat membantu  perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik. Dengan inovasi penggunaan minyak tanah ke gas elpiji ini juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan pemerintah khususnya dalam penghematan pengeluaran belanja rumah tangga. Namun, penggunaan gas elpiji juga memiliki resiko yang tinggi, jika kita tidak berhati-hati menggunakannya, jadi untuk mendukung suksesnya program pemerintah ini juga harus di dukung masyarakat yang senantiasa berhati-hati dalam penggunaannya.

Disusun oleh : 

1. RISCA APRIYANA: 3201105014

2. LYLY YULIANE : 3201105106

3. SELLY WIJAYANTI : 3201105055

4. NOVITA SURYA PUSPITA : 3201105015

5. LIONI MONIKA INDRI :

Senin, 09 April 2012

TUGAS 2 "INOVASI DAN PERUBAHAN"

ASAL USUL SEJARAH KALKULATOR



Sejarah Kalkulator 1:
ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK.
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.


Sejarah Kalkulator 2:


Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan


Sejarah Kalkulator 3:


Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.


Sejarah Kalkulator 4:


Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik.  Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.


Sejarah Kalkulator 5:
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.



Sejarah Kalkulator 6:

Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.


Disusun oleh : 

1. FEDRIK ROMANSA : 3201105082

2. MEIGI GUSTIANI : 3201105003

3. SUPRIANUS HERR : 3201105030

4. TRI SAPUTRA :32011050

Jumat, 06 April 2012

PENGUMUMAN

TUGAS KE'2 KELOMPOK QMS 

TEMA : "PROSES KREATIVITAS DI BALIK PERUBAHAN"

(MENCARI CONTOH BENTUK INOVASI DARI SEBUAH KREATIFITAS YANG TELAH DITERAPKAN DI LINGKUNGAN SEHARI-HARI. MENCERITAKAN BAGAIMANA INOVASI TERSEBUT DAPAT DITERAPKAN)

KELOMPOK : TERDIRI DARI 4 ATAU 5 ORANG

PENGUMPULAN : DALAM BENTUK SOFT COPY(FLASHDISK) KE SELLY WIJAYANTI. PALING LAMBAT SELASA, 10 APRIL 2012.

TERIMA KASIH :)


posted by : Selly Wijayanti
session : Tugas 2

Rabu, 04 April 2012

Inovasi dan Kreatifitas

Pertemuan 4/ 5 april 2012 


Definisi Inovasi
Inovasi    dapat    didefinikasikan   sebagai   mampu      melakukan  pembaharuan;       Mengubah     atau   mengganti    sesuatu    dengan memperkenalkan sesuatu yang baru; dengan pemikiran selalu melihat   metode   baru  untuk   memperbaiki     pekerjaan   menjadi lebih praktis dan/atau memperbaiki kualitas produk.

inovasi   membutuhkan   inisiatif  dan  kreatifitas artinya suatu inovasi sering kali merupakan hasil dari suatu kreatifitas inisiatif.
kreativitas sebagai suatu proses membuat suatu produk   menjadi   ada   yang   asli   dan   berdaya   cipta.

inisiatif---spontanitas --- ekpresif---kreativitas---Inovasi---Perubahan

Manfaat dari kreatifitas
 • Memanfaatkan imaginasi mereka;
 • Membangun rasa individulitas mereka
 • Mememikirkan ide-ide yang berbeda dan cara-cara baru melakukan sesuatu yang sama
 • Memanfaatkan ide-ide mereka dan imaginasi dengan cara mereka membuat sesuatu
 • Merasa baik dengan diri mereka sendiri
 • Menghargai  yang baik dan yang indah


Posted by : Zulfikar
Session : Jurnal Mingguan 4

Minggu, 01 April 2012

Tambahan Artikel

Kebutuhan individu manusia 


Ketika   kita   menyadari   kebutuhan   kita,   kita   akan   mengambil   inisiatif   melakukan sesuatu   untuk   memenuhi   kebutuhan   ini.   Sebagai   contoh   jika   kita   merasa   lapar (butuh    makanan)     kita  sepertinya   melakukan     sesuatu    (pergi ke   restoran   atau membuat      sandwicth)    yang   memungkinkan   kita      bisa  makan,    untuk   memenuhi kebutuhan.
Kita semua istimewa karena kita berbeda satu dan yang lain. Meskipun demikian kita mempunyai kebutuhan dasar yang pasti dan kita semua mencoba memenuhi kebutuhan ini dengan berbagai cara. Suatu catatan psikologi membuat penelitian melalui   kebutuhan   dasar   orang-orang.   Ia   mengindentifikasi   lima   tipe  kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan ini akan didiskusikan dalam paragraf berikut.

Kebutuhan phisik

Kebutuhan   phisik   adalah   kebutuhan   manusia   yang   paling   dasar   dari   kebutuhan lainnya, Kebutuhan ini termasuk       makanan, tempat tinggal, pakaian, dan air. Tubuh kita   harus   memiliki   semua    kebutuhan    ini  supaya   bisa  hidup.   Biasanya,   suatu pekerjaan     tidak  memberi     kepuasan    terhadap   kebutuhan     ini,  tetapi  kita  dapat memenuhi kebutuhan ini ketika kita membelinya dengan uang diterima dari hasil bekerja.

Kebutuhan rasa aman

Kebutuhan   rasa   aman   termasuk   melindungi   diri   dari   kerusakan   atau   kecelakaan. Kita   mencoba   membuat   hidup   kita   seaman  mungkin.   Sebagai   contoh,   anak-anak belajar lebih awal apa itu bahaya. Kita belajar menghindari kecelakaan mobil, untuk itu kita harus menyetir secara baik dan aman. Informasi pertama membantu kita mengetahui      apa   yang    akan   dilakukan    dalam    keadaan     mendesak. Beberapa pekerjaan   dirancang   untuk   meyakinkan   keselamatan   manusia.   
Sebagai   contoh, penyelamat      hidup   membantu      meyakinkan     bahwa    orang   akan    selamat   ketika berenang.     Polisi melindungi warga Negara dari kejahatan dan bahaya lainnya. Dua   kebutuhan   dari   tipe   pertama   kadang-kadang   disebut   sebagai   “   kebutuhan ekonomi”, karena kita akan memenuhi banyak kebutuhan melalui uang , kita bebas dari kelaparan dan merasa aman karena ada uang, maka kita mejadi sadar dengan kebutuhan lainnya.

Kebutuhan sosial

Kita semua mempunyai kebutuhan memiliki dan diterima oleh beragam kelompok. Kita mengalami perasaan kita dari rasa memiliki dalam keluarga. Sebagian besar orang   juga   membutuhkan   rasa   memiliki   kelompok   lain   selain   keluarga.   Diterima oleh   orang   lain   membantu   kita   memenuhi   kebutuhan   kita   untuk   mencintai   dan persahabatan. Sebagian besar orang tidak bahagia apabila harus hidup sendiri. Kita perlu berhubungan dengan orang lain. Kita perlu orang lain untuk mengawasi kita, menyukai kita, dan menerima kita. Menjadi anggota dari suatu tim, kelas, atau klub dapat   membantu   kita   memenuhi   kebutuhan   sosial   kita,   keluarga   sendiri   seperti memiliki    asosiasi,  klub,   dsbnya.   Rasa   memiliki   memberi   kita   perasaan    senang karena disukai dan diterima.

Kebutuhan harga diri dan penghargaan

Kita perlu merasa baik terhadap diri sendiri. Kita perlu saat berharga. Ketika kita merasa baik dengan diri sendiri, kita mungkin merasa tidak terlalu berharga. Kita juga merasa ide-ide kita tidak begitu penting. Kesehatan, kebahagiaan orang, mencoba mengukur dengan standar yang mereka tentukan untuk diri mereka sendiri. Menghargai diri sendiri seringkali datang dari perasaan bahwa kita dapat melakukannya dengan baik, dan karena itu kita dapat mengatasi masalah kita sendiri. Sebagai contoh, seseorang berhasil menggunakan komputer   akan   menemukan   kepuasan   dalam   pemenuhan   ini.   Siswa   yang   dapat
menyelesaikan       tugasnya    terhadap    kepuasan     mereka    dan   kepuasan     pengajar mereka akan memiliki perasaan berharga.

Kebutuhan untuk diri sendiri

Memenuhi kebutuhan sendiri berarti melanjutkan pengembangan diri. Kita tumbuh ketika kita berkembang dan menggunakan talenta kita dalam pekerjaan dan situasi tidak   bekerja.   Kebutuhan   diri   kita   terpenuhi   ketika   kita   mengembangkan   minat baru dan mencari pengalaman baru. Memenuhi kebutuhan kita berarti berlanjutnya meningkatkan diri sendiri dan menemukan arti yang menarik dalam hidup kita. 

KESIMPULAN
Ketika    kita  memenuhi     satu   tingkat  dari   kebutuhan   kita,  kita  akan   mengambil inisiatif untuk meningkatkan kebutuhan kita ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagai contoh, kita tidak berurusan dengan kebutuhan sosial sampai kebutuhan phisik dan rasa aman kita terpenuhi. Kita biasanya lebih bahagia, lebih efektif dan lebih berisi ketika   kita   dapat   memenuhi   kebutuhan   pribadi   kita.   Karena   itu   inisiatif   individu mempunyai   aturan   utama   dalam   menaikan   satu   tingkat   kebutuhan   manusia   ke
tingkat yang yang lebih tinggi. Kebutuhan kita akan mempengaruhi tindakan. Kita termotivasi ketika kita bertindak memenuhi kebutuhan kita.




Posted by : Zulfikar
Session : Jurnal Mingguan 3