Selasa, 15 Mei 2012

KOMUNIKASI

16 Mei 2012


Komunikasi   baik   verbal   maupun    non   verbal   memainkan   peran   dalam   kehidupan manusia.      Komunikasi      merupakan       langkah    penting    dalam    proses    pembelajaran karena   keberhasilan   dari   kegiatan   belajar   bergantung   pada   kualitas   komunikasi antara   pengajar   dan peserta   didik.  Ketika  kita       memasuki  dunia kerja, kita   akan menemukan          komunikasi      yang     efektif   dan    efisien   serta    akan    memperkuat kemungkinan   untuk   berhasil   dengan   baik   serta   dapat   meningkatkan   hubungan interpersonal dengan pelanggan dan kolega kerja.

Inti dari sarana komunikasi manusia adalah mampu menampilkan realitas dengan berbahasa. Maka bahasa adalah sistem simbolik yang kita transfomasikan menjadi obyek yang benar seperti apel, atau imajinasi segi-tiga, draf, pola dan kemudian konsep.     Selanjutnya     manusia    merupakan      seni,   ilmu  pengetahuan,      budaya     dan sejarah; kita tidak hanya hidup untuk saat ini tetapi kita semua sudah menetukan komitmen        untuk    masa     depan     dalam    perjanjian kolektif;   kita   mempunyai masyarakat, peraturan dan     perundang-undangan, sekolah dan organisasi pembelajaran.Semua   fakta   ini  memerlukan   bahasa   sebagai   kunci   dari   realitas sosial dimana kita tinggal.

Defenisi Komunikasi

Kata     “komunikasi”       berasal    dari   kata    latin   “communis”       berarti    membagi pengalaman, memiliki sesuatu yang khusus yang memfasilitasi proses komunikasi (sebagai     contoh,    memiliki    budaya    yang    sama,    memiliki    pengalaman       khusus, berbagi   dengan   teman   yang   sama   dsb),  bagaimanapun   komunikasi   tidak   dapat diartikan   melalui   suatu   defenisi   tunggal.   

Orang-orang   yang   berbeda   merasakan cara   berbeda   dalam   konteks   yang   berbeda   pula.   Sebagai   contoh   kamus   oxford menjelaskan   komunikasi   sebagai   “memindahkan   dari maksud/arti”, peneliti   lain mendefinisikan  sebagai     “Perpindahan      dari   stimulus    (Colin    Cherry),    “pikiran
seseorang  mempengaruhi yang lain (Claude Shannon),“Mekanisme      melalui hubungan manusia timbul dan berkembang, atau  membagi pengalaman berdasarkan umum (Wilburn Schramm)

Tipe-tipe komunikasi


Komunikasi terdiri dari empat tipe, yaitu : 
Komunikasi        Intrapersonal:        mengacu      pada    komunikasi     dengan   seseorang. Seperti   berbicara   pada   diri   sendiri, mendengarkan   diri   sendiri   dan   berhubungan dengan  diri  sendiri . Komunikasi      intrapersonal    penting     dalam    perenungan, mengkonsep,   memformulasi   pikiran  atau  ide-ide   kita   sebelum  kita   benar-benar tiba pada suatu keputusan atau menginisiasi komunikasi dengan yang lain. 

Komunikasi   Interpersonal   :   Bentuk   komunikasi   ini   berlangsung   diantara   dua orang. Bisa formal atau tidak formal dan dapat berlangsung dimana saja dengan berkata-kata,      bersuara,   ekspresi    wajah  dan    isyarat  dan   bahasa    tubuh.   Dalam komunikasi       interpersonal,    interaksi   berhadapan  muka     diantara    dua    orang melibatkan pengirim dan penerima pesan. 
Hal ini dianggap sebagai situasi komunikasi yang ideal dan efektif karena sesorang akan   segera memperoleh   timbal   balik  dan   mungkin   kesimpulan-kesimpulan   yang dapat diklarisifikasi dan ditekankan melalui ekspresi bahasa isyarat dan suara. Hal ini   lebih   mudah     mempengaruhi seseorang dan   membujuk menerima suatu pandangan-pandangan.Kedekatan       diantara    pengirim    dan penerima     dalam    komunikasi     interpersonal memiliki      ikatan    emosi     juga.    Ini   dapat     memotivasi,      meningkatkan       dan mengkoordinasi        pekerjaan      lebih   efektif   daripada bentuk     komunikasi      lain. 
Bagaimanapun tipe komunikasi sekarang juga dapat berlangsung dalam jarak jauh melalui    video   konferensi    dan   internet   :  pertukaran    e-mail,   chating,    komputer ,telekonfererensi dsbnya.

Komunikasi        dalam     Grup:    adalah    suatu    perluasan    komunikasi     interpersonal dimana      lebih  dua    individu   terlibat  dalam     pertukaran     ide,  keterampilan     dan keinginan.     Kelompok kelompok         menyediakan      suatu    kesempatan      kepada    orang untuk datang bersama mendiskusikan dan bertukar pandangan seperti yang anda lakukan dalam kerja kelompok. Kelompok      komunikasi     dianggap     efektif  karena   menyediakan      suatu    kesempatan  untuk berinteraksi langsung dengan antar anggota-anggota dari kelompok; hal ini akan membawa perubahan dalam sikap dan keyakinan. Kelompok organisasi punya hambatan       juga,   karena    waktu    dan   kurang     efektif terutama     dalam    keadaan mendesak.

Komunikasi        masa    :   memerlukan   komunikasi   dengan   penonton   dalam   jumlah besar. Peralatan komunikasi masa dimanfatkan untuk menggandakan pesan yang disampaikan       dan   untuk diperhatikan oleh  sejumlah    besar    orang   secara    terus menerus.   Saluran   melalui   semacam   komunikasi   ini   lebih   disukai   sebagai   media masa. Media melalui pesan disampaikan termasuk radio, TV. Koran, majalah dan multi media. (Video, suara dan teks).




Posted by : Zulfikar
Edited by : Selly Wijayanti
Session : Jurnal Mingguan 7