Rabu, 27 Juni 2012

Fungsi Peran dalam Tim

jurnal Pertemuan 28/06/2012

Peran tim membantu kita melihat rentang isu-isu penting yang dihadapi oleh tim yang efektif.   Kita   semua   cenderung   kuat   sebagai   individu   di   beberapa   peran   dan   kurang mampu di beberapa peran lain. Tidak ada peran tim yang lebih baik atau lebih penting dari peran lain. Masalahnya adalah apakah tim mendapatkan input dari sejumlah besar peran     yang    ada,   dan   apakah     profil  umum     tim   sesuai   dengan     kebutuhan     untuk mengerjakan tugas tersebut, atau tidak. 

Tim terbaik tersusun dari orang-orang yang memiliki berbagai peran dalam tim. Peran tim   adalah   salah   satu   aspek   keberagaman  tim   yang   melengkapi   keberagaman   lain seperti gender, budaya dan bahasa. Ada penelitian penting yang mengkonfirmasi bahwa tim    heterogen      atau    beragam     yang     diatur   dengan     baik    dan    menerima      serta memanfaatkan keberagaman jauh lebih baik dari tim yang homogen.  

Peran tim sebagiamana definisi Dr Meredith Belbin adalah:
 “Kecenderungan   untuk   bersikap,   berkontribusi,   dan   saling   terkait   dengan   orang   lain
dengan cara tertentu.”

Nilai teori peran tim ada dalam kemampuannya untuk memungkinkan seorang individu atau sebuah tim mengambil keuntungan dari pengetahuan diri dan menyesuaikan diri dengan tuntutan yang dibuat oleh situasi eksternal.

Jumlah ideal untuk tim manajemen bervariasi sesuai situasi yang membutuhkannya. Meskipun, jika  kita   menyimpulkan dari  klasifikasi   peran    tim   Belbin, kita  akan mendapatkan tujuh tim.  Ketujuh peran tersebut adalah:

• Plant

Fungsi   utama   adalah   untuk   menghasilkan  proposal   baru   dan   memecahkan   masalah yang  kompleks. sering   dibutuhkan   di   tahap   awal   sebuah   proyek   atau   saat   proyek tersebut  mandeg.    Biasanya     menegaskan      bahwa      dirinya    adalah    pendiri    sebuah perusahaan  atau  sebagai    pemilik   ide  awal  sebuah     produk.    Terlalu   banyak    di  satu perusahaan   bisa   tidak   produktif,   karena  mereka   cenderung   menghabiskan   waktunya untuk memaksakan ide mereka sendiri dan melibatkan yang lainnya dalam perselisihan.

• Coordinator

Ditempatkan   dengan   tepat   jika   diminta   bertanggung   jawab   di   dalam   tim   yang   terdiri
dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal. Kinerja mereka 
lebih baik dalam menangani rekan kerja yang berkedudukan sama atau hampir sama   dibanding   
saat   menangani   bawahan.   Moto   mereka   biasanya ‘konsultasi   dengan kendali’dan  mereka  
biasanya  meyakini penanganan  masalah  dengan  tenang. Dalam situasi   yang   sama, cenderung   berselisih  dengan   penggagas   karena   gaya   manajemen mereka yang bertolak belakang.

• Monitor evaluator

Paling   cocok   ditempatkan   untuk   menganalisa   masalah   dan   mengevaluasi   ide-ide   dan saran-saran.   Mereka   sangat   ahli   dalam      mempertimbangkan   pro   dan   kontra   sebuah pilihan. Bagi banyak orang luar, mungkin tampak sebagai orang yang kering/tidak bisa diajak   bercanda,   membosankan   atau   bahkan   terlalu   kritis.   Sejumlah   orang   mungkin heran bagaimana dia bisa menjadi manajer. Namun, banyak Pengevaluasi Pengawasan yang    menempati      posisi   strategis   dan   berada    di  jajaran   tinggi  perusahaan. Dalam sejumlah pekerjaan, keberhasilan dan kegagalan kadang ditentukan oleh satu pilihan. Ini adalah teritori ideal bagi Pengevaluasi Pengawasan; bagi orang yang tidak pernah salah yang selalu menang pada akhirnya. 

• Implementer 

Berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan.       Mereka berhasil karena efisien dan memiliki pemikiran tentang apa yang bisa dicapai dan apa yang relevan. Dikatakan bahwa banyak eksekutif yang hanya melakukan apa yang ingin dia lakukan dan menolak tugas yang tidak menyenangkan mereka. Pelaksana yang baik sering melaju ke posisi manajemen tingkat tinggi dengan bantuan dari kemampuan organisasi dan kompetensi dalam melaksanakan tugas yang diperlukan. 

• Completer finisher

Biasanya tidak bisa dikalahkan jika tugas yang ada membutuhkan konsentrasi tertutup dan   tingkat  akurasi   tinggi.  Mereka   menimbulkan   perasaan   mendesak   dalam   tim   dan sangat   bagus   dalam   hal  menepati   jadwal.  Dalam   manajemen,   mereka   meyelesaikan sesuatu dengan standar tinggi yang membuat mereka dikagumi, dan dengan perhatian mereka pada ketepatan presisi, perhatian pada detail dan dengan teratur.


• Resource investigator

Pencari      Sumberdaya       pintar    mengeksplorasi       dan    melaporkan      kembali     ide-ide,
perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok. Mereka adalah orang yang secara alami   diciptakan   untuk   membangun   kontak  eksternal   dan   untuk   melakukan   negosiasi apapun. Mereka   memiliki   kemampuan   untuk   berpikir   sambil   berjalan   dan   menggali informasi dari orang lain.

• Shaper

Para     Pembentuk      umumnya        bisa   dijadikan    manajer     yang    baik    karena    mereka menghasilkan   tindakan   dibawah  tekanan.   Mereka  bisa   memunculkan  semangat   dalam tim dan sangat berguna bagi kelompok dimana komplikasi politis memperlambat segala sesuatu;   para   Pembentuk   bisa   dikatakan   besar   dari   masalah-masalah   seperti   ini   dan akan maju terus tanpa pikir panjang.           Mereka sangat cocok untuk membuat perubahan yang    penting    dan   tidak   segan   mengambil      keputusan     yang    tidak  disukai.    Seperti namanya,       mereka    mencoba      memberi     sebuah   bentuk     atau   pola   pada   diskusi   atau kegiatan   kelompok.       Mereka   mungkin   adalah   anggota   tim   yang   paling   efektif   dalam memastikan adanya kegiatan positif.
  

• Team worker

Peran Pekerja Tim adalah untuk mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga      memungkinkan   semua    anggota     tim   untuk    berkontribusi    dengan     efektif. Karena      tidak   menyukai      pergesekan,      mereka     akan    melakukan      apa    saja   untuk menghindarinya.        Sangat   umum   Pekerja   Tim   menjadi   manajer   senior,   terutama   jika garis manajemennya di dominasi oleh Pembentuk.  Ini akan menciptakan iklim dimana kecerdikan  dan  kemamuan   diplomasi    Pekerja   Tim   menjadi    aset   nyata,   khususnya dibawah   rezim   manajerial   yang   menyebabkan   konflik   mudah   mencuat   atau   ditekan diam-diam. Para   Pekerja   Tim   yang   menjadi   Manajer   dianggap   tidak   berbahaya   bagi seorang pun dan dengan demikian paling diterima dan disukai orang. Para Pekerja Tim memiliki efek lubrikasi (pelumas) pada tim. Moral tim menjadi lebih baik dan orang- orang tampaknya bekerja sama dengan lebih baik saat ada mereka. 

• Specialist

Para Spesialis memiliki bagian yang tidak bisa dihilangkan di dalam tim, karena mereka menyediakan kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa   perusahaan     tersebut.  Sebagai    manajer,   mereka    mendapatkan      dukungan    baik sukarela maupun terpaksa karena mereka mengetahui bidang mereka jauh lebih baik dibanding     siapapun     dan   biasanya     dipanggil   untuk    membuat      keputusan     yang berdasarkan pengalaman matang. 

Sebenarnya,   jika   kita   bisa   mengaturnya,  kita   bisa   membuat   tim   dengan   orang   yang lebih sedikit, karena satu orang bisa memegang dua peran (atau bahkan tiga peran). Meskipun tujuan utama adalah bahwa semua fungsi harus diisi oleh seseorang. Sebagai catatan bahwa fungsi tidak termasuk dalam ‘leader’. Tim perlu seorang  leader, tetapi tidak   berarti   (karena   dalam   praktek   sering  terjadi)   membatalkan   semua   tujuh   fungsi kepada   satu   orang.   Itu   merupakan   peniadaan  tim   kerja   yang   benar.   Sebagian   besar peran   kepemimpinan   adalah   meyakinkan   bahwa   semua   fungsi   yang   diperlukan   akan dilatih   secara   baik,   dan   mengajak   mereka   bersama-sama,   maka   tim   akan   berfungsi dengan benar karena satu unit.




Posted by : Zulfikar
Edited by : Selly Wijayanti
Session : Jurnal Mingguan 11

25 komentar:

  1. Nama: Risca Apriyana
    NIM: 3201105014

    Peran dalam tim sangatlah diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang tak terselesaikan hanya dengan 1 peran saja. Di dalam tim haruslah memenuhi 7 peran yang ada,apabila salah satu peran hilang akan terjadi ketidakseimbangan di tim tersebut.

    BalasHapus
  2. Nama : Lyly Yuliane
    NIM : 3201105106

    Saya yakin bahwa apapun yang dihasilkan nantinya oleh sebuah tim akan berbuah maksimal karena itulah hasil perjuangan, perbedaan dan segala kerja keras dalam tim. Jangan selalu beranggapan bahwa kita membutuhkan seorang leader untuk mengerjakan sesuatu, tanpa seorang leaderpun bila kita dalah pribadi yang memiliki peran-peran seperti yang telah disebutkan di atas, maka kita akan dapat melakukannya dengan baik.

    BalasHapus
  3. Nama : Fedrik Romansa
    NIM : 3201105082

    Jumlah tim tidak terlalu berpengaruh dalam suatu tim. yang terpenting adalah peran setiap individu yang ada di dalam tim tersebut. jika setiap individu dalam tim tersebut memiliki ke-7 peran diatas, maka tugas yang diberikan pun akan segera teratasi.

    BalasHapus
  4. Nama : Reza Olivia
    NIM : 3201105097

    Suatu Tim diperlukan kerjasama dengan baik, agar terbentuk hasil yang memuaskan dan juga didalam tim haruslah memenuhi 7 peran ini.

    BalasHapus
  5. Nama : Selly Wijayanti
    NIM : 3201105055


    Setiap anggota perlu memahami mengapa mereka ditempatkan di dalam satu tim dan apa tujuannya. Oleh karena itu mereka juga harus mengetahui peran dan tanggung jawab di dalam tim tersebut. Jika setiap anggota telah memahaminya, akan mudah mengetahui peran yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Jadi, pembagian tugas dapat diatur dengan baik sehingga hasil yang diharapkan pun dapat dicapai secara maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Suprianus Hery
      NIM : 3201105030

      Keberhasilan sebuah tim adalah terletak pada "team work" yang baik.Team work yang baik adalah dimana dalam tim ada satu pun individu dari anggota yang merasa dirinya lebih hebat atau sebaliknya dan harus menghindari sikap egois, karena itu akan menghancurkan kinerja tim dalam mencapai tujuan.

      Hapus
  6. Nama : lisa mutia sari
    Nim : 3201105102

    yang terpenting dalam suatu kelompok atau tim adalah kekompakan dan kerjasama yg baik, dan bagaimana caranya harus tetap terjaga kekompakan dan kerjasama itu. bila tidak adanya kekompakan dan kerjasama maka suatu kelompok akan sulit mencapai tujuan yang diinginkan.

    BalasHapus
  7. Asrul Arifin
    3201105062

    Dalam sebuah tim kerjasama sangat lah diperlukan dalam mencapai tujuan, maka dari itu diperlukan peran setiap anggota.peran itu harus berbeda-beda dengan satu dan yang lain agar terciptanya kerjasama yang baik yang saling melengkapi.agar selain terciptanya kerjasama juga terciptanya keharmonisan.tapi jika kita memiliki peran yang sama atau memiliki banyak peran maka akan cenderung bekerja sendiri dan kurang efektif.

    BalasHapus
  8. Marfin Fath
    3201105114

    Tim dibangun dengan tujuan untuk membantu kelompok fungsional menjadi lebih efektif, karena rasa individualism dan persaingan antar pribadi relatif tajam dalam organisasi. maka tidak semua kelompok kerja dapat dikategorikan dalam satu tim, lima atau tujuh yang sedang memnyelesaikan suatu pekerjaan belum tentu dapat menjamin bahwa mereka bisa bekerjasama dalam mencapai tujuan. secara sederhana, membangun sebuah tim artinya harus mengembangkan semangat, rasa saling percaya, kedekatan, komunikasi dan produktivitas.

    BalasHapus
  9. Novita Surya Puspita6 Juli 2012 pukul 00.34

    Nama : Novita Surya Puspita
    NIM : 3201105015

    suatu peran dalam tim sangatlah penting dan saling bergantung satu sama lainnya sehingga masing-masing peran harus bisa mendukung untuk kemajuan dari tujuan dalam tim.

    BalasHapus
  10. NAMA : RIZKY PRASETYO
    NIM : 3201105047

    tidak semua orang dalam suatu tim memiliki sifat yang sama, dari perbedaan yang dimiliki setiap individu, maka akan memberikan suatu pendapat yang berbeda beda. dari perbedaan pendapat tersebut lah akan menimbulkan suatu keterikatan antar satu dan lainnya, sehingga masalah yang ada bisa di selesaikan.
    :D

    BalasHapus
  11. Nama : Dewi Susanti
    NIM : 3201105044

    Sebuah tim akan lebih efektif jika satiap masing-massing anggota tim berperan aktif untuk timnya tersebut.Tanpa adanya peranan anggota tim yang baik, maka tim tersebut tidak akan bekerjasama dengan baik.Setiap orang saling membutuhkan satu sama lain.disinilah peran seorang tim sangat dibutuhkan dan membutuhkan untuk hasil yang lebih baik.

    BalasHapus
  12. NIM : 3201105007

    Membangun sebuah kerjasama tim yang solid adalah hal yang wajib dan sangat penting dilakukan, karena keberhasilan sebuah perusahaan bergantung pada kerjasama tim yang solid. Kerjasama tim di dalam perusahaan bukan hanya dibangun pada satu divisi saja tetapi harus dibangun antar sesama divisi yang saling berkolaborasi sehingga sebuah kegiatan operasional dapat dilakukan dengan baik.

    BalasHapus
  13. Yudha Kurniawan
    3201105117

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kepemimpinan dapat berperan dengan baik, antara lain:

    1. Yang menjadi dasar utama dalam efektivitas kepemimpinan bukan pengangkatan atau penunjukannya, melainkan penerimaan orang lain terhadap kepemimpinan yang bersangkutan

    2. Efektivitas kepemimpinan tercermin dari kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang

    3. Efektivitas kepemimpinan menuntut kemahiran untuk “membaca” situasi

    4. Perilaku seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui pertumbuhan dan perkembangan

    5. Kehidupan organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta bila setiap anggota mau menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai tujuan organisasi.

    BalasHapus
  14. Terik
    3201105099

    Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula. Sebuah tim sepakbola akan membutuhkan penjaga gawang yang bagus, pemain depan yang cepat, striker yang kreatif dan pemain bertahan yang kuat, tanpa melupakan manajer, pelatih, dan ahli kesehatan, yang kesemuanya mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan tim. Hanya masih sedikit yang mengerti jika perbedaan peran dalam tim adalah sebuah syarat sukses sebuah tim.

    BalasHapus
  15. Meigie Gustianti11 Juli 2012 pukul 03.23

    Nama :Meigie Gustianti
    Nim :3201105003

    Dalam sebuah Tim setiap anggota mempunyai peran yang berbeda-beda, dan masing-masing dari peran tersebut mempunyai tugas nya masing2 untuk memecahkan masalah yang ada dalam tim tersebut. akan tetapi untuk mencapai tujuan yang maksimal dibutuhkan kerjasama yang solid antara masing-masing peran dalam tim tersebut.

    BalasHapus
  16. nama devi ai heryani
    nim : 3201105026

    dalam sebuah tim peranan akan lebih efektif jika setiap peran dapat di jalankan dengan baik. setiap peran akan menentukan hasil yang akan dicapai. masing2 peran harus dapat saling mendukung.

    BalasHapus
  17. nama : Trama Ayaksa
    nim : 3201105065

    dalam adanya peranan setiap individu pada suatu kelompok,maka akan lebih mudah membagi tugas masing2,dan individu dapat saling bahu membahu dan bekerja sama demi mencapai kepentingan kelompok

    BalasHapus
  18. Nama : Lioni Monika Indri
    Nim : 3201105036

    Seorang anggota tim harus secara jelas memahami apa sesama anggota tim lakukan. Dia harus sangat jelas tentang peran dan tanggung jawab dalam tim. Ini adalah tugas pemimpin tim untuk mendelegasikan tanggung jawab sesuai dengan minat dan spesialisasi dari anggota tim tanpa memaksakan hal-hal di inginkan. Tidak pernah membingungkan setiap anggotanya.

    BalasHapus
  19. Tri Saputra
    3201105095

    dalam sebuah tim diperlukannya sebuah leader agar dapat mengontrol tim tersebut dalam bekerja.namun,apabila pribadi kita mempunyai sifat2 atau peran2 yg disebutkan diatas peran seorang leader kurang diperlukan,karena dengan memiliki peran2 diatas kita akan dapat bekerja dan menghasilkan pekerjaan itu denganmksimal.

    BalasHapus
  20. lusie maydiyanti13 Juli 2012 pukul 05.35

    nama : lusie maydiyanti
    nim : 3201105111

    Semua manusia pada umumnya mempunyai saling ketergantungan satu sama lain karena mereka tidak dapat hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhannya. Seperti dalam hal pekerjaan, biasanya mereka akan membentuk kelompok atau tim dan mereka akan bekerja sama agar pekerjaannya cepat terselesaikan.

    BalasHapus
  21. Arni Nur Apriani13 Juli 2012 pukul 21.57

    Nama : Arni Nur Apriani
    Nim : 3201105050

    keberhasilan sebuah tim sangat dipengaruhi adanya prinsip, tujuan dan sasaran yang jelas, sehingga secara sadar anggota tim disatukan oleh kebersamaan misi dan membangun komitmen bersama. Semua anggota tim mengerti dan menyetujui tujuan dan sasaran tim dan mau bekerja sama untuk memenuhi hal tersebut, dan mengetahui 7 peran tersebut.

    BalasHapus
  22. nama : maryana
    nim : 3201105060

    manusia merupakan mahluk sosial , sehingga manusia memerlukan hubungan atau kerja sama dengan orang lain , baik dalam tim maupun dalam kehidupan sehari-hari . dalam tim keberhasilan suatu tujuan merupakan hasil dari upaya bersama , untuk mencapai tujuan yang ada dalam tim tersebut maka dibutuhkan kerja sama yang bagus .

    BalasHapus
  23. NIM : 3201105101

    "FUNGSI PERAN DALAM TIM"

    Untuk kerjasama yang baik dan efektif dalam suatu tim sehingga mencapai tujuan maksimal, diperlukan pembagian fungsi peran pada setiap individu yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Olehkarena itu, dengan 7fungsi tersebut memudahkan kerja tim dalam memecahkan masalah yang ada.

    BalasHapus
  24. Nim : 3201105093

    dalam tim untuk kerjasama memecahkan masalah lebih mudah dengan adanya 7peran diatas, sehingga individu mengetahui tugas, fungsi dan keberadaannya dalam teamwork nya tersebut untuk mencapai tujuan.

    BalasHapus