3 komponen yang terdapat di dalam managemen yaitu :
1. Tingkatan Managemen
2. Struktur Organisasi
3. Pencapaian Managemen
Tingkatan managemen :
1. Top Manager (manager puncak)
Orang-orang yang menduduki posisi ini peluangnya cukup kecil atau jumlahnya sedikit. Manager puncak bertanggung jawab atas managemen keseluruhan dari organisasi. bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer)
2. Middle Manager (manager menengah)
Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain yang biasanya juga mengarahkan pekerja langsung. Peluang untuk berada di posisi ini cukup besar mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
3. Low Manager (manager garis pertama)
Tingkatan paling rendah disuatu organisasi dimana seseorang bertanggung jawab akan tugas yang telah terbagi-bagi atas tugasnya. Peluang untuk berada di posisi ini sangatlah besar dan banyak jumlahnya dibanding tingkatan managemen lainnya.
Hubungan erat antara level managemen dan struktur organisasi yaitu :
1. Terperinci
2. Garis Koordinasi
3. Bagian Jelas
4. Tugas terfokus
Contoh Struktur Organisasi
Struktur organisasi pada umumnya digambarkan dalam suatu bagan. Dari bagan tersebut tampak suatu gambar struktur organisasi yang formal, dimana terlihat adanya garis lini (instruksi dan koordinasi) yang menunjukkan kewenangan dan hubungan komunikasi formal yang tersusun secara hirarkis. Dalam hubungan tersebut dituntu adanya tanggung jawab. Bukti bahwa adanya stuktur organisasi ini adalah tanggung jawab kepada atasan dan seorang Top Manager bertanggung jawab pada Pemerintah setempat.
Posted by : Selly Wijayanti (3201105055)
Literature by : Lyly Yuliane (3201105106)
Session : Jurnal Mingguan 2
At : Minggu, 25 Maret 2012. 12:51 WIB
Nama : Arief Purnomo
BalasHapusNIM : 3201105013
Menurut saya, Struktur organisasi merupakan hal utama dalam mengorganisasi aktivitas dan sumber daya manusia yang tersedia agar semua pekerjaan di dalam suatu organisasi dapat dilaksanakan dengan baik. Namun, Pimpinan manajer dalam suatu perusahaan harus jeli dalam menentukan strategi di dalam suatu organisasi tersebut, agar organisasi tersebut dapat mewujudkan cita-citanya dengan baik. Karena, struktur organisasi juga menjadi faktor penentu keberhasilan strategi yg di terapkan oleh seorang pimpinan organisasi didalam organisasi tersebut.
setuju Arif, terima kasih atas komentarnya
Hapusrentang manajemen yang baik, juga mempengaruhi tingkat kualitas kerja antar satuan kerja.
BalasHapusMenurut saya struktur organisasi penting dalam berorganisasi. Ini dikarenakan struktur tersebut dapat menjelaskan jabatan dan posisi individu dalam sebuah organisasi. Secara tidak langsung juga struktur oragnisasi menjelaskan tugas-tugas bagi setiap individu sesuai dengan jabatan atau posisinya masing-masing. Dengan kata lain struktur organisasi sangatlah penting bagi suatu organisasi. Jika tidak adanya struktur organisasi maka organisasi tersebut tidak akan bisa berjalan dengan lancar.
BalasHapusstruktur organisasi sangat penting dalam suatu organisasi,sebagai fungsi penjelas bagian-bagian dan tingkatan-tingkatan yang ada dalam organisasi tersebut kepada anggota dan orang-orang yang ingin mengetahuinya.
BalasHapusjuga struktur organisasi terdapat garis yang menunjukan ke mana bagian-bagian bisa berinteraksi dalam koordinasi.
Nama: Risca Apriyana
BalasHapusNim: 3201105014
isi:
manajemen dalam organisasi memiliki 3 konsep dasar yaitu
1. Tingkatan manajemen
2. Struktur organisasi
3. Pencapaian manajemen
.Tingkatan manajemen meliputi top manager,middle manager,dan low manager. Tingkatan manajemen mempunyai 3 gambar yang mencirikan tingkatan manajemen seperti segitiga,segitiga terbalik,dan gabungan dari kedua segitiga yang berbentuk persegi(kombinasi). Bentuk segitiga menyatakan jumlah orang,semakin meruncing segitiga semakin sedikit jumlah orang di dalamnya,bentuk segitiga terbalik menyatakan pendapatan dan kekuasaan orang di dalam organisasi,dan yg terakhir menyatakan seberapa besar atau jauh keahlian orang dalam organisasi.
Tingkatan manajemen tidak selalu identik terhadap pendidikan,karena untuk menghindari skill dan pengalaman lebih dari orang yang bersangkutan.
.Struktur organisasi merupakan suatu bagan dari pembagian yang jelas,jumlah yang jelas,dan terperinci. Struktur organisasi lebih baik/semakin jelas apabila di tambah dengan uraian tugas/tanggung jawab.
Nama : Dewi Susanti
BalasHapusNim : 3201105044
Isi :
Menurut saya struktur organisasi merupakan bagian penting dari organisasi karena dengan Struktur Organisasi kita bisa dengan mudah memisah fungsi delegasi antar setiap bagian pekerjaan.organisasi tersebut akan terkoordinasi dengan baik apabila setiap bagian-bagian struktur di uraikan tugas-tugasnya secara jelas..Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan dan terkoordinasi dengan jelas.
Nama : Jumaliyah
BalasHapusNIM : 3201105007
Ikatan manajemen merupakan suatu kesempatan,kekuasaan dan kemampuan seseorang dalam bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.
ikatan manajemen mempunyai 3 tingkatan yaitu :
1. Top (seseorang yang bertanggung jawab atas perusahaan yang di pegang)
2. middle (seseorang yang mempunyai tanggung jawab kepada bawahannya)
3. low (dapat di duduki oleh banyak orang).
nama :devi ai heryani
BalasHapusnim : 3201105026
terdapat 3 komponen dalam organisasi yaitu:
1. tingkatan manajement
2. struktur organisasi
3. pencapaian manajement
dalam manajement terdiri dari 3 tingkatan yaitu: top manajer, mid manajer dan low manajer, dalam organisasi suatu struktur sangat penting agar kita mengetahui tingkatan-tingkatan yang ada dalam suatu organisasi. jika suatu pemimpin tidak mampu mencapai suatu tujuan maka akan tergantikan,
nama : lusie maydiyanti
BalasHapusnim : 3201105111
isi :
3 tingkatan manajemen yaitu :
a. Top (tingakatan yang paling tinggi)
b. middle ( tkngkatan yang bertanggung jawab kepada bawahannya)
c. low (tingkatan yang banyak diduduki orang)
Dalam hubungan tersebut dituntu adanya tanggung jawab. Bukti bahwa adanya stuktur organisasi ini adalah tanggung jawab kepada atasan dan seorang Top Manager bertanggung jawab pada Pemerintah setempat.
nama : Arni Nur Apriani
BalasHapusnim : 3201105050
tingkatan manajemen:
1.top
2.middle
3.low
Di antara tingkatan-tingkatan manajemen tersebut saling berkaitan,masing-masing tingkatan harus bertanggung jawab pada tingkatan di atasnya,dan harus menjalankan tugasnya masing-masing,agar manajemen tersebut menjadi terarah.
NAMA : NOVITA SURYA PUSPITA
BalasHapusNIM : 3201105015
dalam manajemen ada 3 komponen yang mendasari, yaitu:
1. tingkatan manajemen. ada 3 tingkatan dalam tingkatan manajemen, yaitu top manager, middle manager dan low manager yang membentuk sebuah piramida. dari piramida tersebut dapat dilihat karakter yang paling jelas yaitu jumlah individu yang menduduki posisi tingkatan tersebut.
2. struktur organisasi. struktur organisasi akan semakin jelas dan rinci jika ditambahkan dengan uraian atau tanggung jawab.
3. pencapaian manajemen.
tingkatan manajemen tidak dilihat dari tingkatan pendidikan tetapi juga dilihat dari kemampuan yang dimilikinya. tingkatan pendidikan dapat menggantikan pengalaman individu tersebut.
NAMA : RIZKY PRASETYO
BalasHapusNIM : 3201105047
manajemen memiliki 3 tingkatan, yaitu top manager, middle manager dan low manager. masing-masing tingkatan manajemen pun memiliki keterampilan yang berbeda. keterampilan yang harus dimiliki oleh masing-masing tingkatan manajemen disebut sebagai keterampilan manajerial. Keterampilan manajerial meliputi keterampilan teknik, keterampilan manusiawi, dan keterampilan konseptual.
Nama : Suprianus Hery
HapusNIM : 3201105030
Manajemen sering di artikan sebagai suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.
Suatu manajemen berguna untuk mencapai tujuan, efisiensi dan efektivitas dalam suatu organisasi.
Adapun tingkatan dalam manajemen antara lain :
1.Manajer Puncak (Top Manager)
-Dimana tidak semua orang dapat menduduki tingkatan manajemen ini.
2.Manajer Menengah (Middle manager)
-Pada posisi ini,manajer bertanggung jawab dan sebagai perantara a tingkatan antara top dan low manajer.
3.Low Manajer
-Pada tingkatan ini tenaga pelaksana banyak di butuhkan untuk kelangsungan organisasi.
iga tingkatan manajemen di atas mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
NAMA : TRI SAPUTRA
BalasHapusNIM : 3201105095
Struktur organisasi sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau sebuah perusahaan, dimana kita dapat mengetahui tugas dan tanggung jawab seseorang.Dan kita dapat bekerja sesuai dengan tingkatan kita masing2
NAMA : TRI SAPUTRA
BalasHapusNIM : 3201105095
Stuktur organisasi sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan,dimana kita dapat mengetahui tugas dan tanggung jawab seseorang dalam organisasi tersebut. Dan kita tidak bisa berada dluar dari struktur organisasi tersebut.
Terima kasih atas semua komentar, lanjutkan komunikasinya dan kembangkan diskusinya..
BalasHapuszulfikar
NIM:3201105117
BalasHapussusunan struktur organisasi harusnya makin ke atas makin diisi oleh orang2 yang profesional agar dapat mem-flow up kualitas kinerja organisasi
Nama : Ayu Dea Rahmadayanty
BalasHapusNIM : 3201105006
Tingkatan manajemen :
1. Top manager, adalah orang yang bertanggungjawab penuh terhadap jalannya perusahaan, membuat rencana jangka panjang, dan menetapkan kebijakan. Contohnya direktur utama.
2. Middle manager, adalah orang yang membuat rencana jangka menengah, melakukan pengendalian dan dan membuat keputusan berdasarkan lingkup tanggungjawabnya. Contohnya kepala bagian atau divisi.
3. Low manager, adalah orang yang mengendalikan jalannya operasional, membuat keputusan jangka pendek, dan bertanggungjawab atas pelaksanaan. Contohnya supervisor.
NIM:3201105099
BalasHapusBagi saya semua jenjang manajemen dapat saling berkoorinasi seoptimal mungkin agar organisasi dapat berjalan baik
Nama :Meigie Gustianti
HapusNim :3201105003
Ada tiga komponen didalam manajemen yaitu :
1. Tingkatan managemen
2. Struktur organisasi
3. pencapaian managem
Struktur organisai merupakan salah satu aspek yang penting dalam suatu organisasi,agar dalam organisasi tersebut mempunyai koordinasi yang tepat
Nama : Meigie Gustianti
HapusNim : 3201105003
Struktur organisasi merupakan salah satu aspek yang penting dalam suatu organisasi, agar organisasi tersebut mempunyai Koordinasi yang tepat.
NIM : 3201105101
BalasHapus"TINGKAT MANAGEMENT"
Dalam organisasi adanya suatu tingkatan yang menjadi struktur dalam kinerjanya mencapai tujuan. Tingkat organisasi ini yang terpenting mengeksploritasikan sumber daya manusia di dalamnya. Pada organisasi harus keseimbangan antar anggota maupun daam segi pendapatan yang di peroleh.
NIM : 3201105093
BalasHapusStruktur Organisasi dibutuhkan dalam menjalankan dan mencapai tujuannya, ini akan memudahkan untuk mengkoordinasi setiap tugas atau bagian yang ada dan akan adanya tanggung jawab setiap anggota.
NIM : 3201105097
BalasHapusManagement adalah proses pekerjaan dengan orang dan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi serta mencapai efisiensi dan aktivitas
NAMA :NONY IMAN SARI
BalasHapusNIM :3201105118
Struktur organisasi adalah suatu struktur yang sangat penting dalam organisasi,yang mana anggotanya dapat melakukan suatu instruksi dan koordinasi,dimana anggota dapat bertanggung jawab atas perintah yang dijalankan untuk mencapai suatu tujuan yang maksiaml.
ratna novita sari
BalasHapus3201105098
dalam suatu organisasi terdapat tingkatan manajemen seperti top manajemen, middle manajemen, low manajemen. dari ketiga tingkatan tersebut tergambar skema di atas yang menunjukkan bahwa gambar piramida tersebut menunjukkan semakin tingkatan itu di atas, maka ruang semakin sempit yang berarti untuk mencapai tingkatan top manajemen tidak sembarangan dan banyak orang yang dapat meraihnya.
nama : lisa mutia sari
BalasHapusnim : 3201105102
Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.
lioni monika indri
BalasHapus3201105036
Tingkatan manajemen dan manajer.
Dilihat dari tingakatan organisasi, manajemen dibagi dalam 3 tingkatan yaitu:
-Top
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi
-Middle
Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain.
-Low
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi.